KEEP IT SIMPLE. KEEP IT BETTER.

Jumat, 20 Mei 2011

stamina

Menjaga stamina merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga oleh seorang musisi. Bila penampilan kita tidak maksimal, maka dapat merugikan penikmat penampilan serta tentunya diri kita sendiri. Kita akan kehilangan banyak waktu dan kesempatan.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga dan meningkatkan stamina :

1. Olahraga
Jenis aerobik adalah obat terbaik menambah energi. Olahraga aerobik seperti bersepeda, berenang dan lari akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak lagi pasokan oksigen yang sampai ke seluruh tubuh. Lebih banyak oksigen meningkatkan efisiensi produksi energi. Lagu-lagu yang sesuai selera bisa dijadikan penambah semangat melakukan olahraga aerobik, seperti ini.

2. Minum lebih banyak
Kurang cairan adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah jadi lambat.

3. Ubah rutinitas
Bila kegiatan sehari-hari sudah dapat ditebak, ubah kebiasaan itu. Ini dapat menyebabkan kebosanan, biang keladi penguras energi. Coba dengarkan jenis musik baru, tempuh rute baru ke tempat tujuan, atau ngobrol dengan orang baru.

4. Beri prioritas
Buat daftar hal paling penting dari apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan hal yang tak diinginkan, akan menghabiskan energi.

5. Istirahat sejenak
Manusia sudah diprogram untuk bergerak dalam satu siklus yang berisikan antara menghabiskan dan meregenerasi energi. Istirahatlah beberapa menit untuk memulihkan energi. Sembari beristirahat; lagu-lagu klasik, instrumentalia, slowrock, jazz, dan masih banyak lagi bisa dijadikan alternatif untuk membantu proses mengistirahatkan fisik dan pikiran.

(berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar