KEEP IT SIMPLE. KEEP IT BETTER.

Minggu, 13 Mei 2012

Chelsea : The Winner of FA Cup 2012

Yah., tau sendiri kan siapa pemenang dari kompetisi FA Cup 2012? Chelsea!!! Yoi.. Klub kesukaanku itulah yang meraih trofi itu.. Amazing..!!

Chelsea : The Winner of FA Cup 2012


Banyak yang meragukan perjalanan Chelsea semenjak ditangani oleh Andre Villas Boas. Mulai dari inkonsistensi penampilan Chelsea hingga perpecahan di dalam ruang ganti antara si bos dengan pemain veteran macam Lampard. Hal tersebut wajar adanya, karena AVB mencoba me-mindset-kan strategi baru dengan 3-3-4 nya dan me-regenerasi pemain-pemain veteran secara perlahan-lahan. Atau bisa dikatakan program sukses jangka panjang. Namun saat program tersebut kurang berhasil, dan mengakibatkan penampilan yang kurang cemerlang dari squad Chelsea, manager kelahiran Portugal 17 Oktober 1977 silam tersebut mulai dijadikan kambing hitam. Bos Chelsea, Roman Abramovich yang memang terkenal gemar kesuksesan instan dan suka gonta-ganti manager, akhirnya memberikan vonis pemecatan AVB pada tanggal 4 Maret 2012; tepat setelah kekalahan tandang 0 - 1 oleh West Bromwich Albion. Atau hanya memberikan 3 kemenangan dalam 12 pertandingan.

Posenya yang paling kita kenal mungkin adalah ketika ia berjongkok di pinggir lapangan sembari mengamati permainan anak buahnya.


Bersamaan dengan pemecatan AVB, maka ditunjuklah Roberto Di Matteo, yang sebelumnya menjadi asisten pelatih bagi AVB, sebagai Ad Interim Manager atau caretaker bagi Chelsea FC hingga akhir musim; yang notabene hingga saat inipun belum bisa dipastikan apakah Di Matteo yang akan menjadi Manager Chelsea musim berikutnya. Penampilan Chelsea di bawah asuhannya bisa dikatakan sangat sukses dengan membawa Chelsea memenangkan trofi FA Cup 2012 dan melaju hingga babak final UEFA Champions League melawan Bayern Muenchen.  Dari 19 pertandingan di semua kompetisi; ia berhasil meraih 12 kemenangan, 4 seri, dan 3 kalah; atau persentase kemenangan sebesar 63%. Menakjubkan. Kekalahan tersebut didapatkan saat kompetisi BPL melawan Manchester City, Newcastle United, dan Liverpool.

Di Matteo saat selebrasi kemenangan FA Cup 2012


Perjalanan Chelsea sendiri pada kompetisi FA Cup 2012 dimulai dari Round 3 yang berhadapan dengan Portsmouth dan meraih kemenangan 4 - 0. Pertandingan dipimpin oleh wasit Taylor dengan 41.429 tiket terjual. Starting lineup Chelsea adalah : Cech, Bosingwa, Luiz, Terry, Cole, Ramires, Meireles, Lampard, Mata, Torres, Malouda.
Gol pembuka terjadi pada menit ke 48, terima kasih pada Juan Mata. Kemudian di babak kedua Chelsea semakin memantapkan kemenangannya dengan 2 gol dari Ramires (menit 85 dan 87) dan 1 gol dari Lampard (menit 93).

 Juan Mata melakukan selebrasi bersama Malouda setelah gol pembukanya


Kemudian dilanjutkan dengan Round 4 dimana Chelsea harus bertandang ke Loftus Road untuk melawan Queens Park Rangers. Pertandingan dipimpin oleh wasit Dean dengan 15.728 tiket terjual. Starting lineup Chelsea adalah : Cech, Ivanovic, Luiz, Terry, Cole, Meireles, Ramires, Sturridge, Malouda, Mata, Torres.
Tendangan Penalti Juan Mata pada babak kedua menghasilkan skor 0 - 1 untuk Chelsea, dan tetap bertahan hingga pertandingan berakhir. Penalti itu sendiri dihasilkan setelah Clint Hill melanggar Daniel Sturridge.

Insiden yang membuat Chelsea mendapatkan tendangan penalti


Round 5 merupakan putaran yang sulit dilewati, dimana Chelsea harus berhadapan dua kali dengan Birmingham City. Pertandingan pertama dilakukan di Stamford Bridge dan dipimpin oleh wasit Atkinson dengan 36.870 tiket terjual. Starting lineup Chelsea adalah : Cech, Ivanovic, Cahill, Luiz, Bertrand, Ramires, Mikel, Meireles, Sturridge, Torres, Mata.
Sempat tertinggal 0 - 1 setelah gol David Murphy pada menit ke 20, Chelsea memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti pada menit ke 23. Juan Mata yang bertugas sebagai eksekutor ternyata gagal dan babak pertama berakhir dengan skor 0 - 1. Gol Daniel Sturridge pada menit ke 62 membuat skor menjadi 1 - 1 dan pertandinganpun berakhir dengan seri.
Pertandingan kedua di St. Andrews merupakan laga pertama kompetisi FA Cup yang dilalui Di Matteo sebagai Caretaker. Dipimpin oleh wasit Taylor dengan 21.822 tiket terjual,  Chelsea starting lineup adalah : Cech, Ivanovic, Luiz, Cahill, Bertrand, Ramires, Mikel, Meireles, Kalou, Torres, Mata.
Gol Juan Mata pada menit 55 dan Raul Meireles pada menit 61 membuat Chelsea memenangkan pertandingan dengan skor 0 - 2 dan berhak melanjutkan ke putaran berikutnya.

 Gol pembuka Juan Mata saat leg kedua melawan Birmingham


Selanjutnya Chelsea berhadapan dengan Leicester City pada Round 6 di Stamford Bridge. Pertandingan dipimpin oleh wasit Probert dengan 38.276 tiket terjual. Starting lineup Chelsea adalah : Cech, Bosingwa, Ivanovic, Cahill, Bertrand, Mikel, Meireles, Sturridge, Mata, Kalou, Torres.
Gary Cahill yang resmi bergabung dengan Chelsea pada tanggal 16 Januari 2012 mengawali gol-gol Chelsea pada menit ke 12. Kemudian dilanjutkan Kalou pada menit 18. Skor 2 - 0 menutup babak pertama. Pada babak kedua, gol dihasilkan oleh Torres pada menit 67 dan dibalas oleh Beckford pada menit 78. Torres kemudian menambah golnya pada menit 85 dan dibalas kembali oleh Marshall pada menit 89. Sebagai penutup, Meireles membuat gol pada menit ke 90. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Chelsea 5 - 2 atas Leicester City.

Torres mencetak 2 gol ke gawang Leicester City  


Pada pertandingan Semi Final, Chelsea harus berhadapan dengan Tottenham Hotspurs. Pertandingan dilaksanakan di Wembley Stadium dan dipimpin oleh wasit Atkinson dengan 85.731 tiket terjual. Starting lineup Chelsea adalah : Cech, Bosingwa, Terry, Luiz, Cole, Ramires, Lampard, Mikel, Kalou, Drogba, Mata.
Didier Dogba mengawali gol pada menit 43 hingga babak pertama berakhir dengan skor 0 - 1. Tak lama setelah babak kedua dimulai, Juan Mata membuat gol pada menit ke 49 yang kemudian dibalas oleh Bale pada menit 56. Setelah itu Chelsea mulai memantapkan kemenangan dengan gol-gol yang  dihasilkan oleh Ramires pada menit 77, tendangan yang mengagumkan dari Lampard pada menit 81, dan Malouda pada menit 94. Pertandingan ini berakhir dengan skor Tottenham Spurs 1 - 5 Chelsea. Kemenangan ini mungkin ditujukan untuk Bale yang tak lama sebelum pertandingan mengatakan bahwa timnya lebih baik daripada Chelsea.

Tendangan jarak jauh Lampard yang tak mampu dibendung Kiper Spurs, Cudicini, yang merupakan eks pemain Chelsea


Perhelatan Final FA Cup dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2012 jam 17-15 UK di Wembley Stadium dan dipimpin oleh wasit Dowd dengan 89.102 tiket terjual. Final kali ini mempertemukan Chelsea VS Liverpool. Starting lineup Chelsea adalah : Cech, Bosingwa, Ivanovic, Terry, Cole, Ramires, Mikel, Lampard, Kalou, Drogba, Mata. Sedangkan starting lineup Liverpool adalah : Reina, Johnson, Skrtel, Agger, Jose Enrique, Spearing, Henderson, Downing, Gerrard, Bellamy, Suarez.

 Fans kedua kubu berduyun-duyun untuk menyaksikan laga final FA Cup 2012



Ramires melanjutkan tren positifnya sebagai pahlawan di pertandingan-pertandingan penting Chelsea dengan mencetak gol pada menit 11. Babak pertama yang berakhir dengan skor 0 - 1 untuk Chelsea memang bisa dikatakan tempo permainan lebih dikuasai oleh Chelsea. Kemudian pada babak kedua Drogba berhasil menggandakan di menit 52. Laga menjadi seru setelah Andy Caroll masuk, karena tak seberapa lama kemudian; tepatnya pada menit 62; ia mencetak gol yang membuat skor menjadi 1 - 2. Sempat diwarnai insiden tidak disahkannya sundulan Caroll oleh official (yang diaminkan oleh media2 Inggris) dan mengakibatkan Suarez mendapatkan kartu kuning karena protesnya; Chelsea akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor Liverpool 1 - 2 Chelsea. What an amazing game..!! Congratz untuk Chelsea.


Selebrasi Drogba, yang tak pernah absen membuat gol di Wembley Stadium


Sundulan Caroll yang tidak disahkan Official sebagai gol


Sturridge - Cahill - Cole - Terry - Lampard with FA Cup 2012 Trophy

(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar